Pengikut

Rabu, 29 Juli 2015

PANEN DEMPLOT PADI HIBRIDA SEMBADA 168 BERSAMA KODIM 0809, DIPERTA DAN BKP3 KABUPATEN KEDIRI DI KECAMATAN SEMEN


Panen Demplot Padi Sembada 168 bersama Kasdim 0809 bersama Muspika Semen  

Panen Padi Sembada 168 bersama Dandim 0809, Kadisperta, Kepala BKP3 di Kecamatan Semen 
Semen, Selasa (28/7/2015).  Panen Demplot Padi Hibrida Sembada 168 dipimpin Komandan Kodim 0809 Letkol (inf) Purnomo Sidi  bersama Mupika Kecamatan Semen, Dinas Pertanian dan BKP3 Kabupaten Kediri dilaksanakan di Desa Pagung Kecamatan Semen. Percontohan padi  yang diujicoba pada lahan  sawah Bapak  Taji Ketua Poktan  Sri Cahyo Mulyo ini menghasilkan  gabah kering panen sekitar  9,58 ton per Hektar.  Sehari sebelumnya (27/7/2015) dalam  rangkaian kegiatan yang sama,  panen demplot padi Sembada 168 yang dihadiri oleh Kasdim 0809 Mayor (Inf) Suko Edi Winarto di Desa Sidomulyo juga memberikan hasil  panen yang  cukup bagus sekitar  8,31 ton gabah kering panen per hektar.
 
Hasil Ubinan mencapai 6,11 kg atau setara 9,58 ton per Hektar
Bersama-sama: Kecamatan Semen Jempool...
Suasana seremonial panen demplot Padi Sembada 168 di Desa Sidomulyo  
Ibu Elok Camat Semen memberikan sambutan di Sidomulyo
Dalam sambutannya Ibu Elok Etika, Sos, MM, selaku Camat Semen mengucapkan selamat kepada Dinas Pertanian, Penyuluh  Pertanian BKP3 dan para petani yang terlibat program ini. Beliau berpesan agar hasil uji coba yang baik ini bisa disebarluaskan kepada petani yang lain. 
Pak Widodo:Mohon bantuan petani target produksi 314 ribu ton GKP tercapai
Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, Ir. Widodo, Msi, menyampaikan Demplot Padi Sembada 168 ini diselenggarakan sebagai upaya Dinas Pertanian untuk mengenalkan varietas padi unggul Hibrida yang memiliki produktivitas tinggi kepada petani.  Selain itu,  juga dikenalkan teknologi  bertanam padi Jajar Legowo  dengan  pemupukan berimbang menggunakan pupuk  Petroganik 500  kg/Ha, Phonska 300 kg/Ha dan Urea 200 kg/Ha plus Zn. Hasilnya ternyata ada peningkatan hasil panen gabah petani  sekitar 1-2 ton  per Hektar jika dibandingkan dengan  petani yang  belum menerapkan teknologi ini. Selanjutnya beliau mengungkapkan bahwa Dinas Pertanian mentargetkan peningkatan produksi  gabah tahun 2015 menjadi 314 ribu ton. Hal ini mesti didukung dengan peningkatan produktivitas GKP menjadi 8 ton per Hektar dan Indeks Pertanaman dari  2 kali.
Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Komandan Kodim 0809 Letkol (inf) Purnomo Sidi yang mengharapkan agar keberhasilan panen percontohan  padi hibrida ini bisa ditiru dan diterapkan petani. Selanjutnya  beliau menghimbau agar hasil  gabah atau beras bisa dijual kepada BULOG untuk meningkatkan ketahanan pangan Nasional  dan kesejahteraan petani.
Saya mengapresiasi kerja keras PPL dan Pengurus Poktan. Tolong ditingkatkan terus ya!
Pak Junadi berpesan kepada PPL dan Poktan
Kepala BKP3 Kabupaten Kediri Ir. Junadi, MM, selaku “Bapaknya Penyuluh Pertanian” , mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak baik dari PPL, pengurus Poktan dan Gapoktan. Beliau berpesan agar teknologi pertanian ini bisa disebarluaskan kepada Poktan yang lain, serta mengajak kepada PPL di daerah untuk meningkatkan pendampingan kepada para petani di wilayah binaannya terutama terkait pasca panen.
Walaupun acara panen demplot padi  ini cukup  sederhana,  namun  mendapatkan animo yang besar dari  berbagai pihak. Turut menghadiri kegiatan tersebut antara lain Kepala BKP3 Ir. Junadi, MM, Dan Ramil Kecamatan Semen Kapten (Kav) Puguh Bintarto,  Kapolsek Semen  AKBP Riko Saksono, Koordinator BPP Semen  Rosaji,  SP. beserta  Penyuluh Pertanian, Kepala Dinas Pengairan Ir. Edy Yuwono, MT, Kepala BPS Kabupaten Kediri, Perwakilan BULOG Divre Kabupaten Kediri, Kades Pagung Supriyadi, Pengurus Gapoktan, Kelompoktani  dan  Kelompok Wanita Tani  se- Desa Pagung.
Memanjatkan Do'a bersama dengan Khusyu'
Terima Kasih Pak Rio (Petrokimia Gresik) atas bantuannya dalam pelaksanaan demplot
Akhirnya  acara yang  digelar lesehan  di lahan  persawahan  Desa Pagung ini, ditutup dengan memanjatkan  do’a  bersama kepada Yang Maha  Kuasa, agar semua  yang  hadir selalu mendapatkan limpahan  Rahmat  dan  Bimbingan dari-Nya.(sholeh_nugroho)
Makan bersama untuk mempererat tali silaturahim dan bentuk rasa syukur 
Pak Din, engkunge uenak tenan yo.......
Petani Sidomulyo bergoyang diatas panggung merayakan panen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar