Pengikut

Kamis, 30 Juli 2015

REMBUG TANI DI BAWAH NAUNGAN POHON JATI



Rembug Tani Kecamatan Semen bersama Dandim 0809, Kepala BKP3, Kadisperta dan Muspika Semen

 Semen, Selasa (28/7/2015). Disela-sela kegiatan Panen Demplot Padi Hibrida Sembada 168, diselenggarakan acara silaturahim dan sambung- roso   antara  tokoh-tokoh tani dengan segenap pihak terkait, dari Dinas Pertanian, BKP3, TNI, dan  perangkat Desa Pagung.
Pak Taji menjelaskan cara budidaya padi pada Pak Dandim
Suasana  guyub rukun dan sumringah,  melingkupi  wajah para peserta  yang hadir dipagi itu. Meskipun,  rembug atau diskusi ini hanya digelar dibawah naungan pohon Jati beralaskan tikar  terpal  diatas lahan sawah Desa  Pagung, namun kesederhanaan ini  tidaklah mengurangi  esensi  dari isi rembug  tani yang  dilakukan.
Pak Nugroho memberikan tanggapan atas permasalahan petani
Saya ini hanya Penyambung Lidah Rakyat, ujar pak Dan Ramil Semen 
Bu Roosana memberikan penjelasan program Diperta

Pak Kades Supriyadi urun rembug untuk kemajuan Desa Pagung

Pak Sugito: Saya usul agar di Pagung dibuatkan sumur Bor dan perbaikan saluran air
Disikusi  dengan narasumber Ir. Roosana Kabid Produksi, Ir Eviana Kasi Tanaman Pangan, Mantri Pertanian Nugroho Hery Prastowo, SP. MMA,  dan Koordinator BPP Semen Rosaji, SP  ini mendapatkan sambutan positif dari petani. Dipandu oleh Penyuluh pertanian  senior  Bapak  Saifudin  atau  Mbah Din, diskusi  mengalir  dengan hangat dan gayeng.  Masalah yang mengemuka adalah persoalan pengairan dan program pertanian yang diusung Dinas Pertanian. Petani yang unjuk suara diantaranya, Pak Sugito dan Pak Supriyadi. Mereka menyuarakan  keprihatinan akan kekeringan karena debit air yang menurun di musim kemarau serta rusaknya saluran pengairan. Mereka mengharapkan kepada Dinas terkait seperti Dinas Pertanian dan  Dinas Pengairan bisa membantu membuatkan sumur bor atau perbaikan saluran air.  
Guyub: Suasana rembug tani dibawah naungan pohon Jati
Baik, semua masukan akan ditampung, nanti kita sampaikan kepada Dinas terkait Nggih.
Bapak Rosaji memberikan pengarahan kepada peserta rembug
Dipenghujung acara rembug tani, Bapak Dan Ramil Kecamatan Semen Kapten (Kav) Puguh Bintarto  juga  ikut memberikan motivasi kepada para petani  yang hadir.  Beliau menyampaikan sebagai penyambung lidah rakyat, TNI siap untuk mendampingi  petani dan menyampaikan kesulitan yang terjadi di lapangan kepada pemerintah. Semoga hasil rembug tani  bisa direalisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri sehingga bisa memecahkan masalah pertanian bagi para petani  Desa Pagung khususnya dan Kecamatan Semen pada umumnya. Amien(sholeh_nugroho)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar